You are currently viewing Jurnal Club Vol. 1 Ed. 12 Issue 2

Jurnal Club Vol. 1 Ed. 12 Issue 2

Hello felas, setelah minggu lalu kami membahas green grading. Minggu ini #jurnalclub akan membahas topik tentang air. Mengingat topik ini cukup panjang, maka akan kami bagi menjadi beberapa pertemuan, dengan fondasi awal kita pelajari tentang teorinya. Agar kita mengerti proses kimiawi yang terjadi seperti apa. Tidak sekedar menambahkan zat A dan zat B begitu saja kedalam air karena bisa mengakibatkan campuran/senyawa yang tidak aman hingga bisa mengakibatkan keracunan, bahkan lebih dari itu pembuangan yg dihasilkan bisa berdampak terhadap lingkungan/alam sekitar yang tentu lebih membahayakan.

Pendekatan teoritikal tidak selamanya menyenangkan. Diawal pasti banyak bertanya, sebenarnya makhluk apa sih yang sedang dibicarakan ini? Apa akhir dari pembahasan ini? Atau buat apa saya belajar hal ini? Karena itu yang kami rasakan ketika mengamban ilmu akademik yang isinya 💯 fundamental. Namun, dibalik pemikiran keras tersebut, sedikit demi sedikit kita akan mampu memahami arti dari setiap parameter dan relasinya. Dimana hal tersebut adalah fondasi dasar yang akan kita gunakan untuk mendesain air.
.
Perlahan kita sudah pelajari apa itu TDS, general hardness, alkalinity, dan hubungannya. Di pertemuan part II nanti (bulan januari), kita akan mempelajari praktik bagaimana mendesain air untuk menyeduh dan dampaknya terhadap hasil seduhan. Akan ada blind pre-test yang akan kami berikan untuk melihat respon dari para peserta terhadap air yang digunakan.

Sebagai lanjutan nya dari sesi ini, nanti di akhir pertemuan sekitar bulan januari, kita akan mengadakan sesi praktek tentang bagaimana cara menambahkan larutan tersebut ke dalam air. Mengingat keterbatasan tempat, maka untuk setiap journal club mohon maaf kami hanya membatasi untuk 20 orang saja. Bagi kalian yg berminat untuk ikut Journal Club ini, silahhkan untuk menghubungi Call Centre di 0265-542483 atau WA Centre di 0895422220001.
.
So here is the detail:
Topic : Teoritical and practical approaches to determine water for coffee
.
Presented by : Asep Ridwan Nugraha, M.Si
Researcher at @brin_indonesia
PhD Student at @itb1920
.
Location : VSC
Time : Sunday, 26/12/21, 10.00 am 13.00 pm
Ticket : Free limited seat for public
.
#jurnalclub edisi 12 issue 2 ini adalah yang terakhir kami adakan untuk tahun ini. Jadi jangan ketinggalan ya, karena pertemuan ini berseries.
.
Thank for your coming, your sharing and your learning 🤝
.
Tetap literasi, sebarkan kebaikan, jalankan pergerakan dan jangan lupa bahagia👌

Tinggalkan Balasan