You are currently viewing Jurnal Club Vol. 1 Ed. 11

Jurnal Club Vol. 1 Ed. 11

Jurnal Club Vol. 1 Ed 11 dilaksanakan di kebun kopi VSC daerah Parentas, Tasikmalaya. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh VSC TIM dan beberapa petani di Parentas. Tahun ini benar-benar luar biasa, tidak menyangka cita-cita kami untuk punya kebun sendiri menjadi kenyataan. Kebun yang kami miliki tidak begitu luas, namun kebun ini adalah kebun kopi pertama di parentas, dengan usia pohon rata-rata 6 tahun. Dengan lahan yang terbatas, kami lebih mudah untuk mengontrol kondisi kebun dengan menyesuaikan terhadap ekosistem dan micro climate yang ada di lingkungan kebun.
.
Bekerja sama dengan Pak Andi, @andi.ramdani.359 , kami membagi dua lot berdasarkan varietas, ada red bourbon dan yellow catura. Panen tahun ini kami fokuskan untuk mendevelop kopi proses basah melalui fermentasi bertahap. Fermentasi dilakukan dua kali, anaerob ketika cherry dan aerob setelah pulping. Tujuannya adalah memberikan layering rasa fruity dan sweetness yang dimensi berbeda akibat fermentasi oleh bakteri endemic di lingkungan kebun yang sudah bertahun-tahun hidup.
.
Pilot project kami olah dari 100 kg cherry RB dan 50 kg cherry YC, yang nanti nya akan di scale up sesuai kebutuhan. Proses pencucian dan penjemuran sudah dimulai sejak bulan Juli 2021. Kini, green bean lot 1 sudah melalui prosess resting, dan segera akan kami profiling. Perlahan namun pasti, semua proses di hulu kami nikmati perkembangannya, kami sesuaikan dengan ritme di hilir sebagai roastery dan kedai kopi. Semoga panen tahun depan dapat lebih baik lagi 💥🎉🤝.

Tinggalkan Balasan